Kuliah Kerja Nyata

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk perkuliahan yangdilaksanakan dengan langsung terjun ke masyarakat. Masyarakat sasaran KKN dapat berupa masyarakat yang berada di wilayah Jakarta Bogor Depok Tangerang, Bekasi, serta sekolah, masyarakat industri, atau kelompok masyarakat lain yang dipandang layak menjadi sasaran KKN.

Melalui pengalaman riil di masyarakat. Dengan pengalaman tersebut, mahasiswadiharapkan mendapatkan kemampuan generatif yang berupa life skills(kecakapan hidup) seperti kemampuan berpikir dan bernalar secaraanalitik, berdasarkan sumber empirik dan realistik, agar dapat merancangdan melaksanakan program, membantu mengatasi permasalahan yangada, bekerja sama dengan orang lain, mengatur diri sendiri, dan melatihketerampilan dalam bekerja.

Tujuannya adalah proses pengaplikasian ilmu yang telah diperoleh mahasiswa, baik itu melalui kegiatan akademik, maupun kegiatan ekstra dalam hal ini keorganisasian. Mahasiswa KKN sumber inovator dan motivator dalam mempercepat kemajuan kelurahan, desa, ataupun kecamatan. Ilmu dan dengan teknik manajemen yang baik, mahasiswa dapat menggerakkan masyarakat untuk bersama membangun kelurahan atau desanya. Tujuan KKN secara umum yang berkaitan dengan tiga hal pokok kepentingan yaitu mahasiswa, masyarakat, dan lembaga.

Pokok bahasan:

1)  Empati Mahasiswa

2)  Mengimplemntasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kerja kelompok

3)  Nasionalisme dan pancasila

4)  Etika kerja dan tanggung jawab

5)  Kemandirian, kepemimpinan dan kewirauasahaan

6)  Kekompetitivan nasional

7)  Semangat penelitian dan pengabdian

8)  Eksplorasi dan kemampuan analisis

9)  Pembelajaran komunitas dan masyarakat