KMD Angkatan I

  • Tujuan

Tujuan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) bagi mahasiswa/i PGSD STKIP Kusuma Negara adalah untuk memenuhi nilai ujian akhir semester (UAS) dan memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina Pramuka melalui kepramukaan dalam Satuan Pramuka Perindukan Siaga Pasukan Penggalang.

Sasaran

Peserta setelah mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, mampu :

a.      Menjelaskan apa, mengapa, bagaimana, sasaran dan tujuan Kepramukaan serta pengembangannya.

b.        Menerapkan Kepramukaan secara efektif dan efisien dalam membina Pramuka sesuai dengan golongannya.

c.         Menjelaskan dan menyampaikan apa, mengapa, bagaimana sasaran dan tujuan Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan, Kode Kehormatan Pramuka, Kiasan Dasar Kepramukaan dan Motto Kepramukaan serta menerapkannya dalam membina Pramuka.

d.        Membina dan mengembangkan mental, fisik, intelektual, emosional dan social sesuai dengan golongannya sehingga  mampu berperan positif dalam masyarakat lingkungannya.

e.         Menerapkan System Among dan Menerapkan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka dalam hidup bermasyarakat sehingga dirinya menjadi panutan peserta didik.

f.          Mengelola Program Kegiatan Peserta Didik (Prodik) sesuai dengan golongannya.

g.        Menganalisa dan menghayati sifat dan watak peserta didik.

h.        Mengelola satuan Pramuka yang dibinanya.

i.          Memahami, menghayati dan melaksanakan Undang Undang nomor 12 tahun 2010, tentang Gerakan Pramuka, serta AD dan ART Gerakan Pramuka.

j.               Dapat mendukung Program Gugus depan dalam pembinaan anggota muda Pramuka secara dinamis, efektif dan efisien.