Akademik

  • Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)

PKKMB Digelar setiap awal semester untuk mahasiswa baru. Proses pelaksanaan tanpa pelanggaran norma dan etika kesantunan kehidupan, serta kekerasan fisik. PKKMB STKIP Kusuma Negara dilaksanakan dengan penuh rasa kekeluargaan dan cinta kasih, dan setiap tahunnya selalu ada inovasi.

  • Creativity Day Of PGSD College Students,

Kegiatan ini merupakan wadah untuk mahasiswa PGSD, agar dapat mengembangkan dan menyalurkan daya kreativitasnya (Seni, Budaya, Kewirausahaan, Bahasa, Keterampilan dan Kerajinan, dan lainnya) dengan menciptakan inovasi yang mempunyai nilai berlandaskan budaya bangsa. 

  • Kursus Mahir Dasar (KMD),

Tujuan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) bagi mahasiswa/i PGSD STKIP Kusuma Negara adalah memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina Pramuka melalui kepramukaan dalam Satuan Pramuka Perindukan Siaga Pasukan Penggalang. KMD merupakan wujud kerjasama dengan Gerakan Pramuka Kwarcab Jakarta Timur. Peserta yang lulus diberikan ijazag KMD.

  • Kuliah Kerja Lapangan (KKL)

Kegiatan yang memberi pengalaman spesifik di masyarakat dan dunia nyata dalam rangka meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa. Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan ini diharapkan mahasiswa mendapat bekal pengalaman ataupun wawasan kerja di lapangan sebelum memasuki dunia kerja.

  • Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

PPL memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk terjun langsung mengajar di SD dab mengembangkan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan social dalam rangka mempersiapkan dirinya untuk lulus sebagai guru SD yang Profesional.

  • Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Melalui kegiatan KKN mahasiswa mendapatkan kemampuan generatif yang berupa life skills (kecakapan hidup) seperti kemampuan berpikir dan bernalar secara analitik, berdasarkan sumber empirik dan realistic.